Makanan Pantangan Hipertensi

Seseorang yang mengalami penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, perlu adanya membatasi atau mengurangi asupan makanan yang mengandung sodium (Na) yang banyak terdapat pada garam.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang wajib dihindari oleh penderita hipertensi, antara lain:

1. Susu

Susu yang berasal dari protein hewani, memiliki sumber kalsium dan tinggi lemak. Dalam 1 gelas susu diketahui terkandung 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh. Lemak jenuh sangat beresiko pada mereka yang memiliki sakit liver dan tekanan darah tinggi. Untuk aman dalam mengkonsumsi susu, konsumsilah susu rendah lemak. Agar kebutuhan tubuh akan kalsium dari susu tetap terpenuhi.

2. Acar

Acar yang terdiri dari buah mentimun, wortel, dan air acar yang memiliki kandungan garam yang cukup tinggi (garam/sodium) dapat menekan dan meningkatkan tekanan darah seseorang menjadi meningkat. Walaupun sebenarnya acar memiliki tingkat kalori yang cukup rendah dan baik untuk tubuh, tetap saja harus dihindari karena mengandung sodium yang cukup tinggi, dalam 1 sendok makan acar mentimun mengandung 570 mg sodium. Hal itu setara dengan sepertiga dari jumlah maksimum sodium perhari (2300 mg).

3. Kentang goreng

Kentang goreng mudah sekali ditemukan pada makanan cepat saji, meski kentang goreng yang disajikan, diolah dengan menggunakan minyak bebas lemak trans, tetap saja kentang goreng memiliki kandugan lemak dan garam yang cukup tinggi. Dalam sajian kentang goreng ukuran sedang mengandung 270 mg sodium dan 19 gr lemak.

4. Daging asap

3 potong daging asap mengandung 270 mg sodium dan 4,5 gr lamak. Untuk tetap bisa menikmati daging asap dapat diganti dengan daging burung yang menjadi daging alternatif pengganti daging sapi.

5. Donat

1 buah donat memiliki 200 kalori dan 12 gr lemak. Disarankan bagi penderita hipertensi ini membatasi atau mengurangi konsumsi donat.

6. Mie instan

Mie instan memang menjadi alternatif makanan yang mudah dibuat dan rasanya nikmat. Namun ketahuilah sebungkus mie instan mengandung 14 gram lemak dan 1.580 garam (sodium).

7. Margarin

Margarin mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, untuk penderita darah tinggi atau hipertensi ini sebaiknya menghindari atau mengganti penggunaan margarin dengan minyak zaitun

8. Gula

Makanan dengan kalori ekstra dan gula. Contohnya adalah cookies dan coklat batangan. Keduanya dapat menyebabkan obesitas. Makanan-makanan ini bisa berpotensi mengidap tekanan darah tinggi. Kelebihan berat badan membuat banyak sumbatan di jantung dan memperlambat kerja darah.

9. Daging merah

Komposisi dari sebuah diet yang menyehatkan harus menyertakan lemak jenuh yang rendah. Bagi orang dengan tekanan darah tinggi hindari daging merah.

10. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, alkohol juga merusak dinding pembuluh darah.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Hipertensi and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>