Makanan Sehat Untuk Hipertensi

Siapapun ingin tetap sehat dan jauh dari resiko hipertensi harus  mengontrol konsumsi natriumnya. Sebab, hipertensi paling mudah terjadi pada orang yang terbiasa mengonsumsi garam berlebihan. Dianatara penduduk dunia, konsumsi garam tertnggi ditemukan diwilayah Jepang utara yakni 28 gr per orang per hari. Dan 38 persen diantara mereka diketahui mengidap hioertensi. Sebaliknya, penduduk Alaska yang konsumsi garamnya terbatas yakni reta-rata 4 g per orang per hari, sangat jarang yang menderita hipertensi. Sejumlah penelitian menguatkan hubungan antara usia dini pemberian garam dengan tingginya resiko hipertensi. Orangtua yang terlalu getol menambahkan garam ke dalam makanan anak-anaknya , ternyata dikemudian hari anak-anak itu memiliki kecenderungan tinggi menderita hipertensi. Bayi sesungguhnya belum memerlukan tambahan garam dapur, karena kecukupan natrium sudah dapat terpenuhi dari bahan makanan dan ASI. Salah satu cara dalam mencegah dan menangani masalah hieprtensi adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk hipertensi.

Orang-orang yang secara fisiologis dalam keadaan sensitive terhadap garam, terutama ibu hamil, perlu membatasi konsumsi garam dan makanan olahan kaya natrium. Pembengkakan (edema) dan melonjaknya tekanan darah amat mydah terjadi pada mereka. Jika gejala pembengkakakn diabaikan, dan sementara itu konsumsi garam tidak dibatasi, dapat mengakibatkan keracunan kehamilan bahkan keguguran (preeclampsia). Makanan sehat untuk hipertensi dapat dilakukan dengan diet rendah garam mutlak yang harus dijalani oleh penderita hipertensi. Para ahli menyimpulkan bahwa diet rendah gtaram tidak akan memberikan efek menurunkan tekanan darah tinggi, jika asupan konsumsi natrium masih lebih tinggi dari 2500 mg per hari. Dan yang harus dibatasi tidak hanya garam dapur dan makanan asin awetan seperti ikan asin, telur asin, daging asap, sawi asin, tapi waspadai juga penggunaan bahan pangan lain yang tinggi kandungan natriumnya.

Makanan sehat untuk hipertensi adalah konsumsi makanan yang dianjurkan untuk pernderita hipertensi tanpa komplikasi. Konsumsi minuman yang dianjurkan untuk penderita hipertensi tanpa komplikasi serta minum jus wortel, seledri, avokad, kubis, bawang putih, dan kedelai. Selain menghindari makanan yang dipantang bagi penderita hipertensi tanpa komplikasi hindari juga emping, jeroan, otak, lemak, udang, kepiting, dan cumi-cumi.

Belakangan setelah ilmu pengetahuan makin berkembang, yang diketahui tentang bawang putih tidak lagi sebatas khasiatnya dalam meningkatkan stamina dan daya seks. Kini bawang putih dipastikan juga mampu menangkal flu, membasmi cacing usus, mengatasi rematik, menghilangkan gangguan sulit tidur (insomnia). Bahkan bawang putih juga berkhasiat memerangi penyakit degenerative, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), kadar kolesterol darah dan trigliserida tinggi, penyakit jantung koroner, penyakit gula alias kencing manis (diabetes melitus) serta penyakit kanker.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Makanan Hipertensi, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>