Makanan Untuk Hipertensi

Penurunan tekanan darah bagi penderita hipertensi akan lebih cepat diimbangi dengan pengaturan makanan yang baik dan seimbang. Dengan cara ini diharapkan penderita hipertensi dapat terus menjaga tekanan darahnya dalam batas normal. Untuk menjaga dan mengatasi hipertensi dengan diet, penderita harus mengontrol dan mengatur pola makan sehari-hari yang baik dan seimbang. Karena penyabab hipertensi pada setiap orang berbeda-beda maka tata acara diet ini juga harus dikonsultasikan dengan dokter atau ahli gizi. Untuk membantu menanggulangi tekanan darah tinggi demam pola diet makanan baik dan seimbang, secara garis besar ada empat macam diet, yaitu diet rendah garam, diet rendah kolesterol dan lemak terbatas, diet tinggi serat, serta diet rendah kalori bagi yang kegemukan. Salah satu cara menurunkan hipertensi adalah dengan mengatur makanan untuk hipertensi.

Pertama makanan untuk hipertensi adalah tujuan diet rendah garam untuk membantu menghilangkan retensi (penahan) air dalam jaringan tubh sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Walaupun rendah garam yang penting diperhatikan dalam melakukan diet ini adalah komposisi makanan harus tetap mengandung cukup zat-zat gizi, baik kalori, protein, mineral, maupun vitamin yang seimbang. Garam yang dimaksud disini adalah garam natrium yang terdapat dalam hampir semua bahan makanan yang  berasal dari hewan dan tumbu-tumbuhan. Salah satu sumber utama garam natrium adalah garam dapur. Karena itu, dianjuurkan konsumsi gara dapur tidak lebih dari 1.4-1.2 sendok the/hari atau dapat menggunakan garam lain di luar natrium.

Bagi penderita hipertensi, sebaiknya perhatikan keragaman dan asupan makanan untuk hipertensi, utamakan makanan rendah lemak dan tinggi serat, terutama sayuran dan buah segar. Perbanyak mengonsumsi makanan yang kaya lemak sehat khususnya omega-3, kalium, kalsium, magnesium dan vitamin C.

Lemak sehat terdapat pada ikan tuna, salmon, dan flax seed (biji rami). Makanan tersebut membantu mencegah terbentuknya endapan lemak pada dinding pembuluh darah. Karena itu, jaunting tdak perlu bekerja ekstra keras, sehingga tidak terjadi kenaikan darah.

Merupakan elektrolit penting dan berguna untuk mengendalikan tekanan darah. Terdapat pada sayuran (kol, caisim, bokcoi, brokoli), polong-polongan kering (kacang merah, kacang tolo, kacang hijau), cokelat, jeruk, apel, pisang, tomat, kentang oanggang, yoghurt, dan avokad. Tingkatkan pemasukan kalium (4,5 gram).

Kalium berguna untuk menyusutkan tekanan darah berlebihan dan resiko pre eklampsia (keguguran Janis akibat hipertensi akut). Terdapat pada susu rendah lemak, keju mozzarella, keju cheddar, keju cottafe, yoghurt, dathu dan polong-polongan kering.

Magnesium terdapat pada bayam, avokad, cokelat, kacang dan biji-bijian (almond, kenari, biji bungan matahari). Magnesium berfungsi untuk merilekskan otot-otot pengendali tekanan darah.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Makanan Hipertensi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>